Pelatihan Desa Wisata

Memang harus diakui, bahwa kekayaan daya tarik wisata baik alam maupun budaya yang berada di sebuah desa memiliki peluang untuk dikembangkan. Namun lebih lanjut, pekerjaan rumah dari pengembangan desa menjadi desa wisata cukup banyak. Mengembangkan desa menjadi sebuah tujuan wisata tidak hanya dengan pengembangan fasilitas wisata saja. Tetapi ada hal lain yang tidak kalah penting, yakni pengembangan sumber daya manusia (SDM) sesuai bidangnya masing-masing.

Meskipun terdapat banyak tantangan, Desa Wisata Institute melihat bahwa pola perjalanan wisatawan sekarang lebih cenderung ingin mendapatkan pengalaman baru. Kalaupun dahulu wisatawan cukup senang sebagai penonton, maka ke depan akan sebaliknya, wisatawan lebih ingin terlibat dalam sebuah atraksi. Hal ini pun yang sudah lama ditawarkan oleh desa wisata dengan mengajak wisatawan untuk belajar dari apa yang ia lihat dan alami serta berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal.  

Melihat peluang tersebut, Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bertajuk Pelatihan Tata Kelola Desa Wisata yang diikuti oleh perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari masing-masing kabupaten / kota. Acara yang diselenggarakan pada 17 s.d 22 Juli 2019 ini menghadirkan setidaknya 6 narasumber praktisi desa wisata di mana 4 di antaranya adalah anggota dari Desa Wisata Institute ; (1) Rokhmadu Inuhayi, (2) Yitno Purwoko, (3) Doto Yogantoro, dan (4) Hannif Andy Al Anshori.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain tata kelola desa wisata, pengemasan paket tur, manajemer organisasi / kelembagaan, kemitraan, storytelling dan pemasaran, dan konsep Community Based Tourism di desa wisata.

Pelatihan Desa Wisata

Bukan hanya materi kelas yang disampaikan. Para mentor Desa Wisata Institute juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memetakan potensi dan masalah yang ada di daerahnya, praktik pembuatan paket promosi dan paket wisata, serta rencana konsep pengembangan wilayah dengan turut melibatkan jaringan kemitraan.

Harapannya, dengan terselenggaranya pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari ASN pariwisata se Jawa Timur dapat menularkan semangat, ide, serta konsep yang telah mereka dapat selama bertukar pengalaman dengan para mentor Desa Wisata Institute.

Pelatihan Desa Wisata
Pelatihan Desa Wisata
Pelatihan Desa Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.