Mentor

Doto Yogantoro

Ir. Doto Yogantoro

Dikenal sebagai Arsitek Desa Wisata Indonesia dan pengelola Desa Wisata Pentingsari di Kabupaten Sleman. Desa tempat tinggalnya menjadi salah satu penerima penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) kategori ekonomi pada tahun 2017. Pada tahun 2019, desanya juga terpilih sebagai 100 Top Destinasi Wisata Berkelanjutan di Dunia versi Global Green Destinations Days. Pria asal Sleman ini pernah terlibat sebagai anggota Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Perdesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata RI.

Tri Harjono

Tri Harjono

Tri Harjono dikenal sebagai pengelola Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunungkidul. Desa tempat tinggalnya menjadi salah satu desa wisata terbaik pilihan Kementerian PDTT untuk kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pria yang kerap menjadi trainer pembangunan desa ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Desa Bleberan selama 18 tahun (dua periode) dan pengelola BUMDES Sejahtera Bleberan.  

Destha Titi Raharjana

Dr. Destha Titi Raharjana, S.Sos., M.Si

Destha atau yang akrab disapa dengan nama Destha Wisata ini adalah seorang peneliti sekaligus pemerhati Pariwisata Kerakyatan yang bekerja di Pusat Studi Pariwisata UGM. Ia juga ‘teman’ masyarakat desa dalam upaya mendorong pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, baik di tingkat lokal, regional, dan nasional. 

Yitno Purwoko

Yitno Purwoko, S.E., M.Sc

Yitno Purwoko, perintis sekaligus pendamping Desa Ekowisata Pampang di Kabupaten Gunungkidul. Selain aktif sebagai pendamping desa wisata, saat ini Yitno menjadi pengajar di STIE Pariwisata API. Pengalaman Yitno semakin lengkap sebagai praktisi pariwisata karena sudah belasan tahun mengelola Biro Perjalanan Wisata dan aktif sebagai tim P2KTD di kampusnya.

Rokhmadu Inuhayi

Rokhmadu Inuhayi, S.E.

Rokhmadu, atau yang akrab disapa Madoen adalah pengelola Desa Wisata Banjaroya, Kabupaten Kulon Progo. Selain aktif sebagai pengurus desa wisata di tempat tinggalnya, Madoen juga aktif menjadi narasumber sekaligus pendamping desa wisata di Kabupaten Kulon Progo. Pengalaman panjang di Event Organizer membawa pemuda asal Kulon Progo ini untuk mendorong penyelenggaraan berbagai even sebagai promosi produk pariwisata kerakyatan. 

Andi Irawanto

Andi Irawanto

Selain memiliki pengalaman sebagai Fasilitator PNPM bidang pariwisata, Andy juga aktif sebagai pengurus Desa Wisata Jethak di Kabupaten Sleman. Desa wisata tempat ia tinggal dikenal sebagai desa yang memanfaatkan limbah sampah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Selain aktif sebagai pelaku wisata, saat ini Andi mendapat amanah sebagai Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Desa Wisata di Kabupaten Sleman. 

Hannif Andy Al Anshori

Hannif Andy Al Anshori, S.Par

Aktif sebagai konsultan sekaligus pencerita di media pribadinya, insanwisata.com. Pengalaman panjang berkeliling Indonesia membuat ia tertarik pada pembangunan berbasis komunitas. Pada tahun 2017 dan 2019, ia mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata RI dalam acara Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI).